Bisnis Pulsa Elektrik Online

Informasi mengenai bisnis pulsa elektrik online yang saat ini banyak bertebaran di internet. Semoga tulisan di blog ini dapat menjadi informasi berharga bagi para calon member bisnis pulsa elektrik

Rabu, 24 Juni 2009

Pasar Bisnis Pulsa Elektrik

Kebutuhan akan sarana komunikasi semakin lama semakin meningkat, bahkan fasilitas komunikasi baik GSM maupun CDMA telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Pengguna telepon seluler di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 85 juta pelanggan, dan diperkirakan pada akhir 2010 akan berkembang menjadi 140 jt pelanggan. Sebagian besar pengguna atau lebih dari 85% (>55 juta orang) lebih memilih kartu prabayar daripada kartu pasca bayar.

Pendapatan operator dari setiap pelanggan (ARPU=Average Revenue per User) berdasarkan data yang dipublikasikan sekitar Rp. 52.000.- s/d Rp. 128.000.- (bervariasi untuk tiap operator). Jika rata-rata ARPU adalah sebesar Rp. 100.000.- maka uang yang beredar dalam penjualan pulsa Prabayar per bulan sebesar = 55 juta pelanggan x Rp. 100.000.- = Rp 5,5 Triliyun. Dari jumlah tersebut metode pengisian pulsa Elektrik semakin hari semakin meningkat dibandingkan dengan sistem pengisian dengan voucher fisik. Hal ini karena voucher elektrik memiliki banyak keunggulan dibandingkan voucher elektrik di antaranya : lebih praktis, bebas dari pemalsuan kartu dan tidak adanya batas kedaluwarsa / expiry date. Dan sebagaimana terbukti, pengisian pulsa secara elektronik dinilai sebagai sebuah solusi efektif dan efisien untuk memotong biaya distribusi dan biaya produksi yang tinggi....

Kalau diperhatikan dari data diatas tentunya pasar pulsa isi ulang elektrik ini memiliki peluang yang sangat-sangat luar biasa. Di samping itu bisnis ini memiliki tingkat repeat order ( tingkat pembelian kembali ) dengan jangka waktu yang masih sangat lama ( tidak segera declined). Hampir setiap 100 meter di jalan terdapat counter pengisian pulsa, bahkan kalau kita perhatikan dimana mana sekarang dapat dijumpai begitu banyak orang berjualan pulsa.

Sistem Distribusi Pulsa Elektrik
Pulsa elektrik didistribusikan oleh operator jaringan telekomunikasi agar dapat terjangkau dan dikonsumsi oleh para pelanggan operator tersebut. Tiap-tiap operator telekomunikasi memiliki jalur distribusi dengan sistem yang berbeda-beda, namun secara umum jalur distribusi pulsa elektrik dapat digambarkan sebagai berikut :

Operator Telekomunikasi => Authorired Dealer => Sub-Dealer => Reseller

Media distribusi yang digunakan untuk distribusi pulsa elektrik ini adalah berupa chip GSM / CDMA yang didalamnya telah diisi oleh stok pulsa elektrik oleh operator telekomunikasi. Chip ini memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk tiap operator misalnya : MKIOS ( Telkomsel ), Dompet Pulsa (XLCom), FKIOS ( Flexi ) dan lain-lain.

Jalur distribusi pulsa elektrik di atas adalah merupakan sistem berjenjang yang dibuat oleh operator telekomunikasi dengan berdasarkan pada wilayah atau regional yang ditangani oleh masing-masing authorized dealer.

Meskipun jalur distribusi resmi tersebut tetap digunakan sampai sekarang, namun mulai tahun 2006 jalur distribusi tersebut mengalami sedikit perubahan. Hal ini disebabkan karena munculnya teknologi server pulsa elektrik yang mampu untuk mendistribusikan pulsa dengan sistem lintas regional atau cakupan wilayah nasional.

Para pengelola server pulsa elektrik ini tidak menggunakan media marketing konvensional namun menggunakan jaringan internet sebagai media promosi sehingga pertumbuhan pelanggan yang memanfaatkan jasa server pulsa elektrik semakin besar. Hal ini lah yang menyebabkan munculnya bisnis pulsa elektrik online yang menjamur di internet.

Baca juga :
Skema Bisnis Pulsa di Internet

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda