Bisnis Pulsa Elektrik Online

Informasi mengenai bisnis pulsa elektrik online yang saat ini banyak bertebaran di internet. Semoga tulisan di blog ini dapat menjadi informasi berharga bagi para calon member bisnis pulsa elektrik

Rabu, 24 Juni 2009

Skema Bisnis Pulsa di Internet

Saat ini penawaran peluang bisnis pulsa elektrik di internet sangat banyak dan sangat mudah kita jumpai. Hampir semua para pengelola bisnis pulsa memiliki dan menggunakan website sebagai sarana marketing. Jumlah website bisnis pulsa di internet ini diperkirakan mencapai jumlah lebih dari 800 website. Tentu saja ini sangat mempermudah calon member untuk memilih salah satu atau beberapa dari sekian banyak penyedia pulsa elektrik. Skema bisnis yang ditawarkan oleh sekian banyak penyedia pulsa elektrik di internet tersebut sangat bervasiasi, namun secara umum dapat dipilah dalam beberapa kategori yaitu :
  • Sistem Dealership
  • Sistem Viral Marketing dan Sistem MLM
Sistem Dealership
Sistem dealership adalah skema bisnis pulsa yang paling banyak digunakan di internet sebagai cara / sistem marketing yang paling lazim dan umum digunakan di internet. Secara umum jalur / jenjang distribusi pulsa dengan skema dealeship dapat digambarkan sebagai berikut :

Pengelola Bisnis Pulsa => Master Dealer => Dealer => Sub-Dealer => Agen

Sebutan jenjang distribusi ( master delaer, dealer, sub-dealer & agen ) dalam skema bisnis sistem dealership tidaklah baku. Ada yang menyebut sebagai VVIP, VIP , Dealer & Agen dan ada pula yang menyebut sebagai L1, L2, L3 & L4. Sebutan ini tergantung dari selera dari pengelola bisnis pulsa.


Sebenarnya skema bisnis ini adalah sistem distribusi yang paling umum dan natural digunakan dalam distribusi produk dari produsen, distributor sampai dikonsumsi oleh konsumen. Seorang dealer dengan level lebih tinggi akan memiliki harga pulsa yang lebih murah. Hal ini agar member tersebut masih mendapatkan ruang untuk memperoleh laba dari para member di bawahnya.

Besarnya selisih harga yang unk tiap level distribusi biasanya diserahkan sepenuhnya pada para member sendiri, biasanya selisih harga disetting antara Rp 50 – Rp 1000. Pihak pengelola biasanya tidak membatasi jumlah selisih harga yang ditentukan membernya tersebut.



Untuk sistem dealership dalam bisnis pulsa elektrik biasanya para pengelola menyediakan sarana untuk registrasi member melalui SMS. Para dealer untuk mendapatkan member melakukan promosi secara offline baik brosur, leaflet, dll. Apabila berpromosi melalui internet para dealer tetap menggunakan SMS sebagai sarana untuk registrasi member.

Sistem Viral marketing

Dalam bisnis pulsa di internet sistem viral marketing digunakan pengelola untuk mempermudah member melakukan marketing dan mendapatkan member. Untuk menarik minat para calon member maka dalam skema bisnis viral marketing, pengelola menawarkan berbagai macam bonus dan komisi.

Secara umum sistem viral marketing dalam bisnis pulsa masih dibagi lagi menjadi dua golongan yaitu :

  • Viral marketing dengan keanggotaan berbayar
  • Viral marketing dengan keanggotaan gratis

Keduanya, baik berbayar maupun gratis sama-sama menawarkan bonus dan komisi yang bagus untuk menarik minat para calon member.

Sistem jaringan pemasaran yang digunakan dalam viral marketing pulsa biasanya adalah sistem “matrix”. Lebar dan kedalaman matrix jaringan berbeda-beda tergantung dari pengelola masing-masing. Ada yang menggunakan matrik 5 x 10, 10 x 10 atau sistem matahari N x 5 atau N x 10 di mana N adalah jumlah member horisontal yang tidak terbatas.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem viral marketing dibandingkan dengan sistem dealership adalah fasilitas-fasilitas yang diberikan pengelola kepada para membernya sehingga para member dapat lebih mudah mendapatkan downline / member di bawahnya.

Sarana promosi yang digunakan untuk mendaftarkan member baru tidak hanya melalui SMS namun juga melalui fasilitas “web replika” sehingga para member dapat lebih mudah merekrut member secara online.

Baca juga :
Sistem Harga Pulsa Viral Marketing

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda